Jiwanya Mati

Pada akhirnya laki-laki itu berubah.

IMG_20150112_0001 copy

Sebuah gerbang sudah terbuka, sedang yang lain tertutup. Begitu senyatanya hidup rupanya. Yang ditentukan oleh takdir dan dibatasi oleh waktu. Maka pada akhirnya laki-laki itu berubah.

Coba lihat senyumnya, ketawakan perbuatannya. Laki-laki itu sedang mencoba menghapus jejak-jejak sedihnya. Kenapa hendak dia beranjak dari sedih? Sebab pada akhirnya laki-laki itu berubah.

Zaman edan diikuti para sialan yang mengejar harta. Apa yang bisa diperbuat jika waktu sudah menghabisimu? Maka sudah sedari awal laki-laki itu berpikir untuk tak mengambil apa-apa dari kurun waktu yang mengajaknya tiada. Tapi laki-laki itu hendak berubah, pada akhirnya.

Lupakan berlindung di antara gelapnya gulita. Berpendar menjadi tiada. Laki-laki itu pada akhirnya berubah. Menyerang maju. Ke jalanan kehilangan kamar dan temaran lampu. Mungkin di sana dia akan ketabrak.

Biar tak larut diaduk dengan khayalannya sendiri. Laki-laki berubah pada akhirnya itu. Ditembus empat dinding pembatas kolor dan kancut setan. Setengah gila dia menjadi badut.

Boleh saja kamu senyum atau ketawakan perbuatanya. Dia sedang tak peduli. Senyap garis waktu yang ingin dilaluinya. Apa pun demi nama berubah. Ia ada pada akhirnya.

Ditengoknya kawan, ditengoknya mama. Lalu pulang ia nanti dengan harta. Tapi kata cita-cita sudah diputus saja. Di pikiranya soal cita-cita masih bisa dibawa juga. Slogan-slogan tinggal rencana buatnya. Yang benar saja nanti dilakukan lagi.

Laki-laki itu sudah berubah pada akhirnya. Diadabkan jamban dan isi kolor. Perutnya mulas tiba-tiba berbenturan tegel dan angin. Ia sudah berubah. Memburu kerja keras membunuh malas.

Sayang, kolor adiknya dicuci tetangga.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s