Drama dan Teater

Dari 17 Januari 2015; Drama dan Teater

Mengejawantahkan sebuah tulisan ke dalam satu pertunjukan bukanlah hal yang gampang. Sebuah naskah atau tulisan berbentuk drama merupakan hasil imajinasi dan pengalaman seseorang yang belum tentu menyerupai kenyataan yang ada. Tulisan berbentuk naskah drama sendiri ada dua macam. Satu adalah tulisan untuk dipentaskan dalam sebuah produksi teater dan yang lain adalah naskah drama baca, tidak dipentaskan. Ini jadi pekerjaan rumah untuk seseorang atau sekelompok orang yang berada di sebuah perkumpulan, kelompok teater. Naskah yang ada, baik naskah untuk pentas atau naskah untuk dibaca, harus diwujudkan secara gamblang ke dalam sebuah kerja atau produksi dan pada akhirnya akan terbentuk sebuah karya berupa pertunjukan teater di sebuah panggung pertunjukan.

fuiviajarn.com

Foto: Fuiviajarn.com

Sebuah naskah drama adalah sebuah bentuk karya sastra yang terpisah dari sebuah karya pertunjukan teater. Sebuah naskah drama bisa saja menjadi karya mandiri, dapat diteliti, tanpa harus melewati proses pertunjukan terlebih dahulu. Imajinasi, pengalaman, dan mimpi-mimpi dari seorang penulis naskah drama merupakan beberapa bagian penting dalam penciptaan sebuah karya naskah drama. Dalam hal ini ada banyak kajian yang menyebutkan bahwa karya drama sendiri dikelompokkan ke dalam beberapa bentuk atau aliran. Setiap tokoh mempunyai pengertian dan pembagiannya sendiri. Namun untuk lebih mudah dipahami, sebenarnya karya naskah drama dibagi menjadi dua kelompok besar, aliran besar.

Realis dan absurd merupakan contoh atau perwakilan dari begitu banyak aliran yang muncul di dunia drama. Sebuah naskah drama yang terbentuk dari hal-hal tadi, imajinasi, pengalaman, dan mimpi, kemudian akan membentuk ciri yang menggambarkan naskah drama tersebut. Naskah drama tersebut akan termasuk ke dalam golongan atau aliran yang mana, realis atau absurd. Seorang penulis akan memiliki kemampuan untuk mencipta secara berbeda-beda. Ada seorang penulis yang dapat mengontrol pola pikirnya sehingga akan membantu dia mengarahkan bentuk seperti apa yang hendak dicapainya. Ada juga seseorang yang terbenam dalam setiap kata-katanya dan membuat karyanya hadir dengan begitu mengalir.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s