Berkunjung ke Kaliurang

Kalau Anda sempat singgah di Yogyakarta, jangan lupa berkunjung juga ke Kaliurang. Kaliurang merupakan sebuah kompleks wisata yang berlokasi 5-10 kilometer ke arah utara dari Kota Yogyakarta. Gampang ditempuh menggunakan motor atau mobil. Untuk kendaraan umum saya tidak tahu.

Kompleks wisata ini menyuguhkan wisata alam yang berkelas dan enggak kalah dari wisata alam di tempat lain. Memang ada juga wisata lainnya, namun wisata alam menurut saya jadi jagoan di sini. Anda bisa menyewa Jeep atau trail untuk melihat peninggalan Mbah Maridjan,kuncen Merapi. Dengan menggunakan Jeep dilanjutkan berjalan kaki Anda akan diantarkan sampai ke lokasi rumah Mbah Maridjan. Sepanjang perjalanan tentu Anda akan menikmati pemandangan yang menakjubkan. Beberapa sisa bencana Merapi beberapa tahun lalu juga masih jelas terlihat. Selain berkunjung ke Merapi, Anda bisa juga mencoba motor trail di semacam arena motorcross di sana. Menakjubkan sekali.

goa-jepang-kaliurang1

 

Namun, buat saya wisata Kaliurang itu bukan sekadar wisata alam saja. Jika sempat menyelidik ke sudut-sudut Kaliurang, Anda akan mendapatkan suasana yang sangat menyejukkan pikiran. Maka itu, saya bilang ini wisata kesunyian (serius sekali ya?). Bagi Anda seorang loner, tempat-tempat seperti ini sangat menyenangkan. Saya sendiri menggambarkan tempat ini seperti suasana kuburan pada waktu gerimis atau selepas hujan. Tak banyak manusia (hampir tak ada malah), tumbuhan basah, matahari terhalang mendung, dingin, dan hijau. Menyenangkan, bukan?

Ya, kalau Anda bukan seorang loner, boleh juga tentu untuk ke sana. Sebab, di sana banyak juga tempat makan yang ningrat kelasnya. Kaliurang memang sedikit banyak memberikan kesan seperti Puncak (Bogor), namun memiliki banyak kelebihan. Tak seperti Puncak yang harus bermacet ria untuk mendapatkan ketenangan, Kaliurang menyuguhkan ketenangan terus-menerus. Boleh dicoba juga sekali waktu pondok ngopi yang ditemani dinginnya udara dan hutan cemara yang menjulang.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s